Latar Belakang Keselamatan Kerja: Sekilas tentang Tujuan dan Sasarannya

Latar Belakang Keselamatan Kerja: Sekilas tentang Tujuan dan Sasarannya

Bekerja adalah kewajiban bagi setiap manusia. Karena dengan bekerja, selain akan mendapatkan penghasilan, seseorang juga bisa memberi manfaat di dalam hidupnya. Tapi harus diakui bahwa setiap pekerjaan yang dijalani manusia mempunyai resiko kerja yang  berbeda-beda. Karena itulah penting bagi setiap manusia untuk memperhatikan keselamatan kerja. Dalam artikel ini akan dijelaskan gambaran awal tentang keselamatan kerja.

Awal Adanya Perhatian Publik pada Keselamatan Kerja

Keselamatan kerja mempunyai fungsi mencegah kecelakaan di tempat tenaga kerja melakukan pekerjaan. Tidak seorangpun di dunia ini yang ingin mengalami kecelakaan. Karena itu keselamatan kerja bersifat umum dan ditujukan untuk keselamatan seluruh umat manusia. Hal ini terbukti dengan diadakannya International Safety Conference di Roma (1955) yang diikuti oleh 27 negara. Sedang pada tahun 1958 di Brussels, Belgia diikuti oleh 51 negara.

Kecelakaan merupakan suatu kejadian yang tidak dapat kita duga, tidak direncanakan dan tidak diharapkan sebelumnya atau dikatakan juga tidak ada unsur kesengajaan terlebih dalam bentuk rencana.

Kecelakaan akibat kerja adalah kecelakaan yang berkaitan dengan pekerjaan pada suatu tempat kerja dan ini berarti disebabkan oleh pekerjaannya atau pada saat korban melakukan pekerjaan tersebut. Kecelakaan ini biasanya datang ketika kita tidak sedang siap menghadapinya. Kekagetan yang ditimbulkan oleh peristiwa mendadak tersebut serta rasa takut melihat akibat, dapat membuat orang mudah menjadi panik.

BACA JUGA   Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Sehubungan dengan itu terjadinya kecelakaan yang menyebabkan pekerja di tempat kerja bisa menderita cacat sementara atau cacat tetap, sehingga tidak mampu belajar lagi, atau mengidap penyakit yang sulit disembuhkan atau bahkan meninggal dunia, yang pada akhirnya juga mengakibatkan kerugian finansial yang tidak sedikit.

Belum terhitung bila terjadi kerusakan pada pekerjaan yang sudah ditangani, kerusakan peralatan dan bahan, keharusan mencari tenaga pengganti yang setaraf, serta jam-jam kerja yang hilang, ini semua harus dapat ditanggulangi dengan baik.

Tujuan keselamatan kerja dapat diterangkan dalam perumusan sebagai berikut :

Menjamin keadaan, keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah manusia serta hasil karya dan budaya nya, tertuju kepada kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan manusia pada khususnya.

BACA JUGA   Pengaruh K3 Terhadap Pribadi dan Lingkungan Pekerjaan

Sasaran dari upaya keselamatan kerja adalah :

1.    Mencagah terjadinya kecelakaan

2.    Mencegah timbulnya penyakit akibat pekerjaan

3.    Mencegah / mengurangi kematian

4.    Mencegah /mengurangi cacat tetap

5.    Mengamankan material, konstruksi, pemakaian, pemeliharaan bangunan-bangunan, alat-alat kerja, mesin-mesin, pesawat-pesawat, instalasi dsb

6.    Meningkatkan produktivitas kerja tanpa memeras tenaga kerja dan menjamin kehidupan produktifnya

7.    Mencegah pemborosan tenaga kerja, modal, alat dan sumber produktif lainnya sewaktu kerja dsb

8.    Menjamin tempat kerja yang sehat, bersih, nyaman dan aman sehingga dapat menimbulkan kegembiraan semangat kerja

9.    Memperlancar, meningkatkan dan mengamankan produksi, industri serta pembangunan

 

Sekian pembahasan kita kali ini tentang Keselamatan Kerja. Jangan lupa untuk berkunjung ke blog kami, karena setiap artikel akan mengalami update informasi, sesuai dengan bertambahnya informasi yang kami terima. Anda bisa mendapatkan update informasi serupa artikel ini di kategory Keselamatan Kerja yang ada di blog ini.

 

 

Facebook Comments
BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari saya, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi penghasilan sampingan bahkan utama Anda
Email Anda aman bersama kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *