Iwan Wahyudi Iwan Wahyudi Centre adalah situs yang membahas berbagai hal yang berhubungan dengan dunia kerja; informasi tentang Gaji UMR, Gaji Profesi, Keselamatan Kerja dan pembahasan yang lainnya yang dibutuhkan oleh para pekerja dan calon pencari kerja.

Pengaruh K3 Terhadap Pribadi dan Lingkungan Pekerjaan

1 min read

pengaruh k3 terhadap pribadi dan lingkungan

Adanya faktor keselamatan dan kesehatan kerja, khususnya pada dunia kerja, usaha dan industri, pengaruhnya sangat besar serta dapat merubah pola hidup dan budaya kerja yang sangat signifikan, tetapi kadarnya akan tergantung juga pada moral komitmen dan tanggung jawab setiap personal yang ada pada komunitas tersebut.

Pengaruh K3 diantaranya adalah terhadap motivasi, produktifitas, kenyamanan, gairah, menekan terjadinya kecelakaan, ergonomi fisik, kesehatan fisik dan mental, memelihara sarana/ fasilitas/ peralatan, mencegah kebakaran, mempertahankan kelestarian ekosistem, lingkungan yang sehat, dan lain-lain.

Syarat-syarat K3

1. Mencegah dan mengurangi kecelakaan

2. Membuat jalan penyelamatan (emergency exit)

3. Memberi pertolongan pertama (first aids/PPPK)

4. Memberi peralatan pelindung pada pekerja dan alat kerja

5. Mempertimbangkan faktor-faktor kenyamanan kerja

6. Mencegah dan mengendalikan timbulnya penyakit fisik dan psikis karena pekerjaan (ergonomy)

7. Memelihara ketertiban dan kebersihan kerja

8. Mengusahakan keserasian antar pekerja, perkakas, lingkungan serta cara dan proses kerja,

9. Mengamankan daerah-daerah, bahan dan sumber-sumber yang berbahaya dengan pengaman yang sesuai dengan sempurna.

 

Landasan Hukum Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Tata Laksana Baku Standard Operating Procedure (SOP) penerapan K3 Bandara diatur dalam Pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Tempat Kegiatan Kerja yang dikeluarkan dalam bentuk Surat keputusan Bersama Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Pekerjaan Umum, yang sekaligus berfungsi sebagai petunjuk umum berlakunya Pedoman Pelaksanaan, terutama khusus tentang Keselamatan Kerja dan yang sifatnya lebih menekankan kepada pencegahan.

Adapun tentang Kesehatan Kerja lebih khusus diatur dalam Keputusan Presiden No. 22 Tahun 1993 tentang Penyakit yang timbul karena hubungan kerja, yang kemudian dilengkapi dengan petunjuk melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja tentang pedoman diagnosis dan penilaian cacat karena kecelakaan dan penyakit akibat kerja, yang terakhir ini lebih menekankan pada penanganan akibat.

Dalam Pedoman yang tertuang dalam Surat Keputusan Bersama tersebut persyaratan yang harus dipenuhi dirinci sebagai berikut :

a. Persyaratan Administratif

b. Persyaratan Teknis

c. Perancah (scaffolds)

d. Tangga kerja lepas (ladder) dan tangga kerja sementara (stairs)

e. Peralatan untuk mengangkat (lifting appliance)

f. Tali, rantai dan perlengkapan lainnya

g. Permesinan : ketentuan Umum

h. Peralatan

i. Pekerjaan Bawah Tanah

j. Penggalian

k. Pamancangan tiang pancang

l. Pengerjaan beton

m. Operasi lainnya dalam pembangunan gedung

n. Pembongkaran (demolition)

Pedoman ini mengatur sebagian besar bidang dan jenis pekerjaan konstruksi. membahas dengan sangat rinci mengenai lingkup berlakunya peraturan, kewajiban umum, keharusan dibentuknya organisasi K3, laporan kecelakaan dan pertolongan pertama pada kecelakaan serta persyaratan-persyaratan lainnya.

 

Persyaratan Administratif

Dalam persyaratan ini pertama-tama dinyatakan, terhadap semua tempat dimana dilakukan kegiatan konstruksi berlaku semua ketentuan hukum mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang berlaku di Indonesia. Disini jelas, bahwa tidak hanya berlaku untuk proyek milik Pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan tetapi juga proyek milik swasta ataupun anggota masyarakat lainnya.

Iwan Wahyudi Iwan Wahyudi Centre adalah situs yang membahas berbagai hal yang berhubungan dengan dunia kerja; informasi tentang Gaji UMR, Gaji Profesi, Keselamatan Kerja dan pembahasan yang lainnya yang dibutuhkan oleh para pekerja dan calon pencari kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *